Kamis, 19 Mei 2022

Keunggulan Pinjaman Dari Invoice Financing

Menjadi seorang pebisnis menuntut Anda untuk mengetahui berbagai istilah yang berkaitan dengan bisnis itu sendiri. Salah satu istilah yang akan dibahas disini adalah invoice financing. Istilah ini sangat penting untuk dimiliki dalam bisnis Anda, karena dalam beberapa kasus Anda akan membutuhkannya untuk mendukung bisnis Anda.



Pengertian Invoice Financing


Di beberapa bisnis, bisnis dengan tantangan arus kas bisa menjadi padat. Arus kas yang buruk sering kali disebabkan oleh pelanggan yang tidak melakukan pembayaran. Bahkan jika faktur telah ditagih berkali-kali, faktur mungkin tetap tidak dibayar karena pelanggan juga mengalami kesulitan keuangan.


Arus kas non-operasional ini akan membahayakan kelangsungan bisnis karena akan menghambat operasi bisnis. Sebagai seorang pengusaha, Anda tentu tahu pentingnya uang kas agar bisnis Anda tetap berjalan sesuai rencana. Tapi jangan khawatir. Anda dapat mengandalkan invoice financing untuk menangani kredit macet.


Meski pelanggan terlambat membayar tagihannya, Anda tetap bisa mengembangkan bisnis melalui invoice financing. Invoice financing merupakan sistem pinjaman yang ditawarkan oleh pengusaha dengan jaminan tagihan yang belum dibayar. Pengajuan invoice financing sering dilakukan oleh usaha kecil menengah di sektor grosir dan distribusi yang rentan.


Kelebihan Invoice Financing


  1. Mencegah kredit macet

Kredit macet dari pelanggan yang tidak membayar tagihannya bisa berakibat fatal bagi kelangsungan bisnis Anda, jadi hal termudah yang dapat Anda lakukan adalah mengambil pinjaman dari invoice financing. Jika dibiarkan, kredit macet ini bisa membuat bisnis bangkrut, tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi. Oleh karena itu, invoice financing bisa menjadi solusi yang tepat.


  1. Membuat pelaku UMKM tetap bisa melaksanakan bisnisnya

Sekalipun Anda memiliki hutang, bisnis Anda dapat terus beroperasi selama arus kas masuk dan keluar. Dengan begitu, Anda bisa melunasi utang-utang yang akan jatuh tempo. Juga, proses pendanaan faktur cukup cepat. Ada beberapa lembaga keuangan yang menawarkan jenis pinjaman ini.


  1. Membuat proses pembayaran invoice jadi lebih cepat

Cara ini juga bisa membuat nasabah lebih patuh dalam membayar tagihan karena sudah mendapat pemberitahuan dari penerbit pinjaman. Anda harus selalu mengingatkan pelanggan untuk membayar tepat waktu, tetapi setelah itu pelanggan hanya perlu membayar langsung ke pemberi pinjaman. Di sini Anda tinggal mengikuti prosesnya, Anda tidak perlu mengunci faktur keuangan yang seharusnya dibayar oleh pelanggan.


Proses Invoice Financing di Akseleran


Salah satu penyedia pinjaman usaha berbasis invoice adalah Peer-to-Peer (P2P) Lending Platform Akseleran. Lebih dari 50% dari nilai portofolio pinjaman UKM Akseleran menggunakan invoice financing. Persyaratan untuk mendapatkannya juga cenderung fleksibel.


Jika UKM sudah memiliki invoice, bisa langsung mendaftar ke Akseleran dan mengajukan pinjaman. Setelah faktur dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat untuk pinjaman, pinjaman akan segera diproses. Biasanya calon peminjam akan mendapatkan dana pinjaman paling besar 80% dari nilai invoice.


Peminjam yang biasanya memilih jangka waktu 3-6 bulan biasanya akan dikenakan biaya pokok sebesar 0,375% per bulan dari jumlah pinjaman. Program ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas kepada peminjam karena biaya pokok mengikuti jangka waktu pinjaman. Misalnya, jika Anda hanya meminjam selama 4 bulan, Anda hanya dikenakan biaya 1,5% dari jumlah pinjaman.


Di P2P lender lain juga ada perusahaan yang menerapkan program bunga tetap, misalnya 3% dari awal padahal jangka waktu pinjaman hanya 1 bulan. Oleh karena itu, dengan invoice financing, UKM akan lebih mudah mendapatkan pinjaman usaha dan dengan biaya yang relatif terjangkau. Jika Anda adalah pemilik UKM yang membutuhkan pinjaman dengan invoice sebagai jaminan, Anda dapat mengajukan pinjaman Anda ke Akseleran.


Akseleran sendiri merupakan P2P Lending Legal yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK secara resmi. Jadi Anda bisa melakukan pinjaman untuk setiap bisnis UKM Anda dengan cara yang mudah, menguntungkan, dan juga pastinya terpercaya. Jangan sampai menunggu bisnis terkena macet kredit karena pembayaran yang belum diterima berujung perusahaan bangkrut.


Deskripsi: Invoice Financing bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda agar arus kas tetap berjalan tanpa merugikan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar